Informasi income tambahan

Sertifikasi Guru 2012 akan diperketat, nih infonya ….

JAKARTA, KOMPAS.com — Pelaksanaan sertifikasi guru harus benar-benar untuk mewujudkan guru-guru Indonesia yang profesional dan memiliki kompetensi. Untuk itu, seleksi peserta sertifikasi guru mulai tahun 2012 semakin diperketat.

Para guru yang ikut sertifikasi bukan hanya harus lolos seleksi administrasi. Di awal tahun 2012, Kementerian Pendidikan Nasional bakal menggelar tes tertulis secara massal untuk mencari guru-guru yang layak mengisi kuota sertifikasi guru pada tahun tersebut.

“Sertifikasi guru ini benar-benar harus berdampak pada peningkatan kompetensi guru. Kepada guru perlu disampaikan, sertifikasi tidak lagi pada senioritas atau metode belas kasihan,” tutur Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh, Rabu (21/9/2011) di Jakarta.

Menurut Nuh, guru-guru yang lolos syarat administrasi dan tes sertifikasi bakal mengikuti pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG). Kesempatan ini untuk memperkuat empat kompetensi guru yakni pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Adapun guru yang belum lolos harus diberi pengayaan supaya bisa berhasil.

Dengan model ini, menurut Nuh, sertifikasi guru juga sekaligus untuk memetakan kompetensi guru di seluruh Indonesia. “Ini juga untuk memperbaiki keluhan soal guru mismatch. Sekarang kita tidak tahu pemetaannya,” ujar Nuh.

Syawal Gultom, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Kemendiknas, menambahkan bahwa seleksi secara administrasi dilakukan dengan mengikuti nomor unik pendidik tenaga kependidikan (NUPTK) online yang telah dibuat Kemendiknas. Adapun tes tertulis nanti dilaksankan di tiap kabupaten/kota dengan soal-soal yang memenuhi standar nasional.

“Kita ingin guru-guru yang lulus sertifikasi itu yang memang sudah melewati batas kelulusan tertentu. Ketika ikut PLPG nanti, di akhirnya juga tetap ada tes. Kita ingin memastikan guru yang lulus sertifiaksi benar-benar guru yang sudah menguasai empat kompetensi sebagai guru profesional,” papar Syawal.

Sementara itu info lain yang diperoleh adalah :

JAKARTA (KR) – Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjamin Mutu Pendidikan Kemdikbud, Syawal Gultom menjelaskan, proses sertifikasi guru di tahun 2012 akan diperketat. Penguatan dilakukan pada empat poin meliputi mekanisme penetapan peserta, prioritas sasaran, penjadwalan dan uji kompetensi.

Intinya soal penyempurnaan sertifikasi guru 2012, ada 4 perbaikan, kata Syawal, Sabtu (29/10) di kantornya.

Dalam penentuan peserta sertifikasi tidak lagi ditentukan kepala dinas, melainkan menggunakan sistem online. Dengan sistem ini, diharapkan lebih transparan, akuntabel dan objektif. Publikasi calon peserta sertifikasi lewat www.sergur.pusbangprodik.org.
Saat ini, data sudah diunggah ke dalam website, sehingga guru-guru memiliki kesempatan paling tidak dua bulan untuk mengoreksi data yang terunggah tersebut hingga Desember 2011. Salah nama atau data lainnya, bisa segera dikoreksi, sistem akan memotong otomatis dari yang teratas sesuai jatah kuota nanti, ungkapnya.

Perbaikan kedua terletak pada prioritas guru yang tidak lagi ditentukan dari masa kerja, melainkan dari usia. Karena kalau masa kerja rawan manipulasi, kita prioritaskan yang sudah tua, jelas Syawal.

Ketiga terkait penjadwalan, peserta sertifikasi ditargetkan selesai Agustus 2012. Supaya jadwal untuk pengajuan di tahun 2013 tidak mengalami keterlambatan.

Keempat, akan dilakukan uji kompetensi sebelum PLPG, paparnya. Sedangkan, untuk meningkatkan kinerja dan profesionalitas serta kewajiban para guru melakukan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), Kemdikbud membentuk tim penilai kinerja guru, sehingga, guru sebagai profesi benar-benar memiliki standar kualitas kinerja sebagai seorang profesional.

Adapun penilaian tersebut meliputi unsur formatif dan sumatif. Penilaian formatif dilaksanakan di awal tahun ajaran untuk membuat perencanaan PKB bagi guru yang disesuaikan dengan kebutuhannya. Sementara penilaian sumatif dilaksanakan pada akhir tahun ajaran guru, yang digunakan sebagai bahan pengajuan perolehan angka kredit guna kenaikan pangkat.

Dengan demikian guru akan mendapatkan angka kredit pada penilaian kerja sumatif setelah guru melaksanakan kegiatan PKB dalam satu tahun ajaran, sambungnya.
Penilaian kerja, menurut Syawal sangat penting, sebab berkaitan dengan tunjangan profesi, angka kredit dan kenaikan pangkat. Hal tersebut, lanjutnya, juga merupakan hasil evaluasi dari Mendikbud, yang menginginkan adanya perbaikan kualitas para guru yang telah mendapatkan sertifikasi.

81 Responses to “Sertifikasi Guru 2012 akan diperketat, nih infonya ….”

  • Imam Muslim says:

    Sy seorang guru yang tdk ambil pusing dengan sertifikasi,sy jalani untuk mendidik anak Lillahi Ta,ala.Tujuannya mengabdikan ilmu.Disana masih banyak para guru yang sdh sepuh dengan ikhlas mengabdi tanpa tujuan duniawi…mestinya mereka2lah pahlawan bangsa ,Dunia dan Akhirat.Ttapi guru2 sekarang tujuan utamanya adalah MATERI…keikhlasan menjadi no terakhir.Akankah peserta didik berhasil hanya dg sertifikasi?Mudah2an yang sdh bersertifikat bs lebih ikhlas mendidik…..Bukan angan2 MATERI nya saja.Dunia sdh renta…tanda2 akhir zaman semakin dekat.

  • lena says:

    saya bingung nih…saya guru SD basicnya B.Indnesia…dan disekolah sy ngjar B.Indo jga…pdhal..kabarnya klu unit SD..diklatnya itu nti guru klas..tetap mbawakn smua bid.studi…apkh bisa diklatnya tetap b.indo.. mohon solusinya..trims

    • noera2000 says:

      @lena : ya menurut khabarnya emang guru kelas bu …. mungkin temen2 lain yang berada di SD gimana nih infonya PLPGnya ? …. bantuin info dong … terima kasih dah berkunjung :)

  • usupsopandi says:

    semoga guru indonesia maju terus pantang mundur demi kecerdasan bangsa.

    • noera2000 says:

      @Usupsopandi : siip …. jangan menyerah, jangan putus asa, terus semangat karena masih buaaaanyaaaaaaaaakkkk calon2 SDM bangsa berkualitas ini yang butuh pembangunan karakter keilmuan yang lebih mendalam dan berakhlakul karimah ….. amin, terima kasih dah berkunjung :)

  • usupsopandi says:

    memang harapan pemerintah sangat besarterhadap guru indonesia utamanya percepatan mutu pendidikan,kita para guru yang berada dipaling bawah,langsung berhadapan dengan peserta didik dari berbagai unsur kehidupa sosial masaraka yaaaaaaaaaaaaaang beraneka ragam.bayangkan.
    tapi kita tetap semangat maju terus pantang mundur. semoga yaaaa.tunjangan sertifikasinya lancar.tidak tesendat.sebagai manusia ya kita perlu…………Bung1

    • noera2000 says:

      @Usupsupandi : betul pak ….. perlu sesuatu yang dirasa diperlukan pak, terima kasih dah berkunjung :)

  • yr ambara says:

    tahun yang lalu perlu d review lagi donk, jangan sampe ada yg ga ngajar tapi bisa lolos sertifikasi !!!!

  • PRAS says:

    Dimanapun kita harus semangat untuk belajar dan meningkatkan profesionalitas. InsaAlloh akan dilhat dan diberi kepercayaan orang-orang di sekitar kita. Bila kita guru maka rekan, Kepala Sekolah bahkan pemerintah akan melihat kita.Bila hal itu terjadi maka rejeki tak usah diharapkan tapi datang sendiri.

  • Emmy Nainggolan says:

    Saya bersyukur aja kepada Tuhan dan berterima kasih kepada Pemerintah, karena saya termasuk guru yang diikut sertakan (diloloskan) oleh pemerintah tahun 2007 tanpa ada pengusulan oleh sekolah (kepala sekolah) padahal beberapa orang teman yang jauh lebih tua tidak lolos, sampai sekarang saya juga bingung koq muncul aja nama saya itu padahal tidak diusulkan.. Trims juga buat blog ini mau menampung semua curhat kita..

  • sulaeha says:

    Semoga KEMENDIKNAS mempunyai jalan keluar tentang guru yang tidak lulus UKA 2012 sebab mereka adalah guru yang berumur 40 tn ke atas dan mempunyai masa kerja 10 tahun ke atas…… pokoknya ada solusi supaya mereka tidak merasa teraniaya…… !

  • saya guru smp negeri 19 purworejo jawa tengah ,umur 49 thn belum serifikasi,prestasi membuat lab matematika dari barang bekas bersertifikat dari dirjen,best practic dari dirjen ,guru terpuji jateng 2010 goog praktic dari USAID,guru teladan fersi kedaulatan rakyat 2012.masuk kik andy merto tv, hitam putih 2012 mario teguh 2010 .PNSberprestasi 2kali kab Purworejo.Belum serti fikasi karena belum sarjana.Tapi saya tetap semangat yang penting ngajar maksimal mungkin.Kawan kawan ingin punya uang tambahan jangan memusingkan tunjangan sertifikasi, itu urusan rejeki ilahi.ikutin aku saja pulang ngajar jualan bakso keliling …hasilnya lebih dari sertifikasi.Hehe…..syukurrin aja yang ada.Salam sukses.

    • nanda says:

      boleh donk tip x mas… kita dari padang blom bisa bikin bakso yg enk…tapi pinter bikin kerupuk balado

  • imma says:

    jk utk peningkatan kompetensi guru shg sertifikasi guru 2012 sah-sah saja utk diperketat, tapi bgmn dengan guru yg sdh tersertifikasi? mereka dgn mudah mndptkan sertifikat lalu melenggang aman menerima uang tunjangan dengan beban mengajar 24 jam/minggu yg direkayasa ? tlg pak keadialnnya !

  • Badro says:

    Ya gak papa, kalo udah diselesaikan semua soal-soalnya, bisa lihat hnyslaia, terus pelajari, mana yang salah mana yang benar.Terus coba lagi.Memang menjebak, karena banyak jawaban yang kelihataannya benar tapi salah. Ada yang kelihatannya salah tapi benar. Ada yang benar tapi salah karena yang benar itu sudah termasuk dalam jawaban yang lain (subset). Belum lagi dengan cara penjawaban yang bisa benar satu, benar lebih dari satu, benar semua, atau malah, salah semua.Selamat mencoba ya.

  • yoghi says:

    orang berfikir kalo’ guru2 sudah sejahtera dengan adanya aturan tentang tunjangan sertifikasi ini. tapi kenyataannya apa??
    guru-guru Di DUMAI-RIAU belum menerima uang sertifikasi sejak bulan januari.

    aturan tinggal wacana saja.

  • supadi says:

    DAPODIK Untuk malang kok gak dimuat ya ?

  • e.kartini says:

    saya merasa ngiri sama guru -guru yang di angkat baru kemaren sudah terbawa sertifikasi sedangkan saya yang masa kerjjanya dan s1nya lebih dulu belum terbawa sertifikasi ,di akibatkan faktor usia. khususnya di kabupaten majalengka. karena dikabupaten lain semua teman teman satu angkatan sudah i9kut uji kompetensi. kalau di kabupaten majalengka belum padahal masa kerja saya suah 15 thn dan golongan 3d . teman teman satu angkatan bahkan sudah menerima dana sertifikasi tersebut. mohon penjelasannya.kenapa majalengka selalu terbelakang.

  • Riyanto says:

    bikin aturn yg adil dong p Mentri bagaiamana dg yg udah terima tunjngn srtfkasi melalui portofolio yg syarat manipulasi tanpa plpg tanpa UKA,kpn yg udah terima uang srtfksi ya di UKA juga,kalau melalui pengawasan ke sekolah2 rawan salam tempel amplop,harusnya dgn UKA juga dong P MEN

    • noera2000 says:

      @riyanto : setuju pak … hal itu bisa saja dilakukan oleh pemerintah seandainya ada tolok ukur/standar penilaian guru bersertifikasi baru seiring dengan peraturan baru tentunya … dan mungkin itu akan lebih bijaksana …. terima kasih dah komen dan berkunjung disini ….. salam bagimu guru

    • andi says:

      murid yang berkualitas dihasilkan pengajar yang legalitas dan integritas..

      • noera2000 says:

        @andi : setuju pak tapi itu adalah salah satu elemen dari beberapa yang utama seperti IQ dan motivasi siswa, sarana dan prasarana sekolah, metode pembelajaran, kemampuan dan penguasaan serta motivasi guru, dukungan wali siswa, dan lain sebagainya …. ok tetap semangat pak … terima kasih dah berkunjung

  • PERY NAINGGOLAN says:

    Pelaksanaan Sertifikasi supaya benar-benar dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang benarTahun 2012, yaa guru-guru yang benar-benar guru pasti lolos UKA, mudah-maudahan Guru-guru kita Kompeten dalam bidangnya masing-masing. Suatu terobosan bermakna yang diambil oleh Kemendiknas untuk memajukan pendidikan. Kita dukung dan salut untuk menteri Pendidikan dan Stafnya.

  • noera2000 says:

    @guru miskin : maaf pak/bu sekedar sharing aja … jangan suudzon dulu emang kita rakyat itu tergantung pada segala “kebijakan” yang diambil oleh pemerintah yang tentu saja telah disetujui oleh “wakil rakyat” …. semua tinggal kebijakan dan implementasi di lapangan ya tergantung pada “gantungannya” kalo “gantungannya” miring ya diluruskan alias dibetulkan dulu ….. sabar pak semua ada prosesnya dan yakinlah kalo semua yang positif pasti hasilnya positif tinggal bagaimana kita mensikapinya dengan bijak …. dan bagi segenap guru mari bersatu untuk meningkatkan profesionalisme pembelajaran kita dengan tidak memandang sebelah mata rekan-rekan seprofesi kita … baik itu guru yang “belum sertifikasi”, guru tidak tetap, guru kontrak, guru tanpa jabatan, guru tradisional, guru non PNS, guru tanpa sekolah atau istilah lain, yang bisa jadi mereka itulah yang lebih “profesional” tanpa pamrih dan tanpa perlu embel-embel “sertifikat” …. ok terima kasih dah berkunjung :)

  • robert's tampoe says:

    Kok, ga dari awal aja sistem itu dilaksanakan klo memang mau menciptakan guru-guru yang profesional dan handal?

    • noera2000 says:

      @robert’s tampoe : setuju pak …. tapi kayaknya pemerintah kesulitan untuk operasionalnya, karena tidak mungkin mereka berbalik ke belakang lagi, karena semuanya adalah proses sebuah sistem baru yang mungkin akan mengalami perubahan jika memang dirasa perlu, kalo pinjem istilahnya “orang-orang yang ahli buat program / programmer” adalah SDLC (Sistem Development Life Cycle – maap kalo salah) …. terima kasih dah berkunjung :)

  • noera2000 says:

    @jayenkrana : hmmm …. semoga seluruh do’a kaum muslimin di hijabah oleh ALLAH SWT, amin ya rabbal ‘alamin …. terima kasih dah berkunjung :)

  • zoel says:

    mudah2an aja dalam pelaksanaan tes UKA sergur thn ini,GA ada yng “main belakang”..

  • gfjskjs says:

    DUIT na bae…

  • andriani says:

    seleksi calon peserta sertifikasi 2012 begitu ketat, timbul pertanyaan dari beberapa teman, bagaimana dengan para guru yang sudah mendapatkan sertifikat melalui portofolio? mereka tanpa melalui plpg sudah mengantongi sertifikat guru profesional, saya sedikit memberi penjelasan “bersyukurlah bagi kita yang mengikuti plpg, apalagi yang melalui uji kompetensi awal, berarti kita lebih profesional dari guru yang mendapat sertifikat melalui jalur plpg, dan mudah-mudahan apa yang kita lakukan berguna bagi anak bangsa, amin……”

    • noera2000 says:

      @andriani : amiin juga …. tetap semangat dan berkarya bagi kemajuan dunia pendidikan bu …. terima kasih dah berkunjung :)

  • Maryanah Farhan says:

    Mudah-mudahan sebelum tutup usia dapat menikmati uang sertifikasi,..minimal untuk membiayai anak-anak sekolah sampai sukses….Amiiin.

  • rita eldini,s.pdi says:

    saya dapat kabar kalau guru yang sudah sertifikasi ada yang di batalkan sertifikasinya, bahkan di suruh mengembalikan uang yang sudah diterimanya selama ini , gara2 perngkat mengajarnya kurang memuaskan tim asesor yang memeriksa ke sekolah2…apa benar semua itu…apakh yang seperti itu tidak keterlaluan…

  • ASTI says:

    Bagamana ya …soal untuk guru penjas ? adakah yang kiranya bagi pengalamn…..trims

  • royan says:

    sekolah saya yang lama tutup jadi saya pindah ke sekolah baru yang belum terdaftar. jadi ya mungkin sampai selesai bekerjapun tak sempat dapat tunjangan sertifikasi. Padahal kalau untuk mengajar bidang saya, ya ok-ok aja, bisa dipertanggunjawabkan.

    Tetapi ya sudah, bila tak dapat tunjangan tidak perlu iri, inilah nasip manusia, saya mengajar sudah 20 tahun. Hanya saja, jauh di dalam hati ingin juga rekan-rekan yang sudah makan tunjangan dari uang saya (kan saya bayar pajak) bisa lebih bertanggungjawab terhadap profesinya. Uang bukan buat beli buku malah buat beli mobil. Intinya, beli mobil kuat, beli buku tetap tak kuat. jangan begitu dooong…. kasian orang-orang seperti saya yang kerja keras uang pajaknya dibegitukan.

  • imdhadhurrohman says:

    ya ditunggu aja kalau memang jd rizkinya tak akan keman pasti akan dapat sertifikasi
    ndak usah di ambil pusing yang penting kita sebagi guru harus tahu tupoksinya apa itu nanti yang diatas tau sendiri

  • ojodumeh says:

    Sbtlny Cmn ini ditanggapi gk sih ya?tk perhatikn bnyk cmn tapi ko ya mlh guru semakin dipersulit, klu pendapat saya daripada sertifikasi ini jadi bahan cemburu mbok iyao dihilangkan saja, lalu ditjngn fungsionalny ditambah. krna apa saya bilang tuk bhn cemuru di daerah saya guru yg ms kerjny baru 5 th-10 th tu dh ada yg dpt sedangkn yg kerja dh lama bahkan dh mau pensiun belum dapat, jadi semua itu perlu dikaji lagi, masalah tes/PPG itu sudah mengorbakan waktu ,siswa juga jadi korban.

  • Adoel says:

    Kasian nasib para guru mau di kasih uang tambahan aja pakai di uji dulu,coba remunisasi gaji intansi lain ga pake di uji segala.kalau mau meningkatkan kompetensi guru bukan dengan tes segala.udah aja guru kasih bimbingan secara berkelanjutan.bener2 udah ga di percaya guru2 di negri kita ini.padahal mereka2 yang jadi pejabat itu hasil dari didikannya kalau kata pribahasa tuh habis manis sepah dibuang.

  • Eko says:

    kapan tes sertifikasi di tangerang selatan dilaksanakan, kalau guru TK apa tesnya juga sesuai jurusan?

  • adrian says:

    tks…info..siap@ aja guru2……succes..slalu………

  • adrian says:

    siap 2 aja gru@ …jdwal tes awal d kabpt besok tgl 28 jan ditunda lg gk tau sampai kpn tunggu kbr dr kemendiknas katanya..
    tks…infonya…success..slalu….

  • wilda says:

    kapan tanggal test uji kompetensi untuk wilayah sby? ku tunggu infonya thanks

  • wilda says:

    kapan tanggal test uji kompetensi wilayah surabaya? bagi infonya ya

  • wilda says:

    tanggal berapa ya test uji kompetensi untuk wilayah surabaya

  • Rekan-rekan, sebagai manusia kita memang memiliki kecenderungan untuk mendapatkan fasilitas/kemudahan, tetapi barangkali baik jika kita jadikan ujian ini sebagai media untuk mengetahui tingkat kompetensi kita, yang akan diujikan saya kira jelas, semuanya terkait dengan profesi kita, kalau kita selama ini telah menjadi guru yang baik dan benar kenapa harus takut, saya setuju jika kita benar-benar bisa menjadi guru yang profesional.

  • Fatma Adam says:

    @ass…saya guru sma…sy basic biologi tp saya ngajar seni budaya…dan mengajukan sertifikasi sbg guru seni….dan insya allah sy mampu d bidang itu….apakah pd test nanti harus liat izasahnya atau bagaimana…mohon petunjuk ya…saya takut nanti saya ambil soal seni tdk diterima krn liat izasah saya dr biologi….mohon maaf dan terimakasih…saya tunggu infonya ya….

  • Paulus Mangngi' says:

    Semoga testnya menurut bidang masing-masing, misalnya guru bahasa inggris ya test kompetensinya bahasa inggris.
    Thanks

    • noera2000 says:

      @paulus : semua unsur 4 kompetensi guru, model pembelajaran dan sedikti tentang mapel-nya diujikan pak ….. terima kasih dah berkunjung .. :)

  • santo says:

    kapan jadwal tes awal ujian sertifikasi dilaksanakan. mohon informasinya secepatnya ….?

  • sistem yang ketat tidak akan berarti kalau dipegang pelaksana yang “BISA DIATUR” > “WANI PIRO” – percuma ….
    selama ini … guru yang telah tersertifikasi TETAP – TIDAK BERUBAH
    yang diharapkan cuma UANG – TUNJANGAN PROFESI

    • noera2000 says:

      @toto sugiarto : tanpa rasa munafik, saya pun melihat adanya perilaku demikian bagi beberapa rekan guru yang sudah bersertifikasi, namun saya yakin konsep pemerintah nantinya akan “ada perbaikan pola pikir” dengan bentuk pengawasan seperti yang baru saja beberapa rekan guru kami yang mengalaminya yaitu “verifikasi untuk segenap guru bersertifikasi” (dengan melakukan kunjungan visitasi ke sekolah dan menilai langsung kegiatan guru dan prasarana penunjang proses belajar mengajarnya seperti modul, buku ajar, materi, metode peningkatan pembelajaran yang dilakukan dan lain sebagainya) guna menilai dampak positif terhadap pemberian tunjangan profesi guru …… namanya saja guru (digugu dan ditiru) semoga semuanya memberikan wacana yang baik bagi “profesionalisme guru” untuk lebih digugu dan lebih ditiru ….. salam bagimu guru ….

  • armaniar says:

    halo my friend… ada g yang punya kisi-kisi soal sertifikasi guru tahun ini? bagi dong

    • noera2000 says:

      @armaniar : semua materi kayaknya sama yaitu 4 kompetensi guru, model pembelajaran dan sedikti tentang mapel-nya diujikan pak/bu ….. terima kasih dah berkunjung .. :)

  • armaniar says:

    bagi dong kisi-kisi soal sertifikasi guru tata boga tahun ini… siapa yang punya ya…mudah-mudahan ada yang mau berbagi…terima kasih sebelumnya….

  • HARIANTO says:

    KALAU DILIHAT DARI USIA TERUS, SAYA YANG MASA KERJANYA LEBIH DULU JADI GAK KEBAGIAN JATAH…KASIHAN..

  • sri rezeki says:

    mudah@an soalnya gak sulitya

  • noera2000 says:

    @ALL : Memang sungguh “manusiawi” bagi kita jika menghadapi kesulitan ingin dimudahkan, yakin aja bahwa dibalik kesulitan pasti ada kemudahan, dan pastinya adalah setiap kebijakan pemerintah ada pertimbangan-pertimbangan yang sifatnya membangun, termasuk profesionalisme dan mungkin kita sebaiknya untuk tidak mengidentikkan antara profesionalisme dengan kesulitanisme, bukankah nantinya “rizki” akan semakin besar dan mudah ???? wallahu’alam …. terima kasih sudah berkunjung :)

  • novianti says:

    semoga jadwal ujiannya udah bisa diketahui dari jauh hari

  • hesti says:

    dah pusing mikirin gimana ningkatkan prestasi anak,buat adm sekolah eh di suruh ikut ujian kompetensi lagi,jadi stres nih.mudah-mudahan soalnya gampang-gampang ya…

  • rahmad lallo says:

    mudah2an ujiannya nda susah yah…

  • luchi says:

    Peningkatan profesional guru memang sangat diperlukan agar SDM bertambah positif, tapi kebijakan yang seperti aka diterapkan di tahun ini alangkah baiknya juga sebagai wahana tuk pemerataan profesional pendidik yang di tahun sebelumnya terkesan sangat longgar. biar ada “kesamaan” gitu loch…

  • sayi hatiningsih says:

    mengenai ujian tertulis besok,bisa tidak saya tau kisi-kisinya soal ??
    atau uji kompetensi yang diberikan ??
    saya mengajar guru SD..
    harap segera dibalas..
    terima kasih banyak..

    • noera2000 says:

      @sayi hatiningsih : maaf bu gak ada info …. soal biasanya ditarik lagi oleh panitia sehabis ujian tertulis baik ujian awal maupun ujian akhirnya…. terima kasih dah berkunjung :)

  • Lilik endang sriani says:

    Tunjukkan soal soal kompetensi awal dong?

    • noera2000 says:

      @Lilik endang sriani : waduh saya gak punya bu ….. soalnya itu adalah soal yang tidak dibawa pulang kayaknya ….. :)

  • arum says:

    tes awal kpn plaksanaannya pak?

    • noera2000 says:

      @arum : mmmm lom dapet infonya nih masih ikutan mantau …. terima kasih dah berkunjung :)

      • sibagur tano says:

        bagudung juga si nuh ini, giliran awak pake tes pula…jadi enak kalilah guru2 yang sudah sertifikasi duluan..indonesia2…kapan lah kau serius menghargai guru ini….
        lpmp..itu pun latteungnya ..penjamin apa..klo memang bisa dia menjamin mutu guru cobalah dulu dijaminnya mutu guru yang sudah 58 tahun yang dikampung-kampung sana…udah dapat uang sertifikasi itu berulangkali tapi tetapnya mondok ondok di kelas…ga ada keadilan di indonesia na balau ini..bah

        • noera2000 says:

          @sibagur tano : namanya proses bang … dan sebagai salah satu upaya untuk mengangkat citra guru adalah banderolnya “sertifikasi” … emang tidak bisa semua guru langsung dengan serta merta bisa (profesional) mengikuti alur yang diinginkan oleh si “sertifikator”, karena semua juga tergantung pada beberapa elemen lain yang tidak hanya uang tunjangan sertifikasi itu tentunya bang …. contoh : kondisi sosial masyarakat, kondisi sarana prasarana, intelegensia anak/siswa, perilaku profesionalisme guru (walaupun sudah bersertifikasi) dan lain sebagainya …. terima kasih bang dah kasih sharing disini … tetap semangat salam bagimu guru …

  • Atsa says:

    Bermanfaat

  • endang yuniarti says:

    thanks for your info, maybe succes…

  • Rienie says:

    Jangan ketat-ketat dong, kebagian jatah terakhir kok malah kekat sich, dipermudah dong minimal sama dengan yang lalu 2011. ok?

    • noera2000 says:

      @rienie : iya ya … mungkin diakibatkan beberapa sebab sehingga menjadikannya “LEBIH LONGGAR”, dan itu dianggap sebagai bentuk kekurangan untuk periode 2011 kemarin, dan yang pasti “harus” diperbaiki tahun 2012 …. salah satunya “DIPERKETAT” …. ya namanya juga pemerintah bu …. kita ikuti aturan mainnya aja ….. terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar disini …. :)

  • sudirman says:

    thanks for your info, Great 4 U, Good Luck

  • SUTARNO says:

    sip ach

Leave a Reply


Get paid to share your links!